Entri Populer

Senin, 08 November 2010

PENDIDIKAN NILAI DALAM ISLAM

PENDIDIKAN NILAI DALAM ISLAM

A. Pengertian, Dasar dan Pendidikan Nilai dalam Islam
Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa nilai adalah sesuatu yang sangat urgen baik secara psikologis, sosial, etika dan estetika yang selalu didambakan oleh setiap insan yang dapat dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian relevansi dengan kajian ini maka nilai yang hendak dibentuk atau diwujudkan dalam peribadi anak didik sehingga fungsional dan aktual dalam prilaku muslim, adalah nilai Islami yang melandasi moralitas (akhlak).
Islam memberikan sistem nilai dan moral yang dikehendaki oleh Allah Swt. Yang harus diimplementasikan dalam amal prilaku hamba-Nya dalam masyarakat. Sistem nilai dan moral dimaksud adalah suatu keseluruhan tatanan yang terdiri dari dua atau lebih dari komponen yang satu sama lain saling mempengaruhi atau bekerja dalam satu kesatuan atau keterpaduan yang bulat yang berorientasi pada nilai dan moralitas Islami. Jadi di sini tekanannya pada action system.[1]
Mengingat suatu pendidikan adalah proses pendewasaan anak manusia baik intelektual, emosional maupun spiritual dan akan sangat berpengaruh pada masa depan peserta didik, negara, bangsa dan agama maka harus dilakukan terprogram, sistematis terpadu dan integral. Demikian halnya dengan landasan baik operasional maupun yang lainnya. Sesuatu yang naif bila membicarakan pendidikan Islam namun tercerabut dari landasan esensial yaitu nash (al-Qur’an dan al-Hadits), maka berikut ini adalah sebahagian ayat dan hadits yang dianggap dapat mewakili yang lain dan menjadi landasan pendidikan Islam.
1. Landasan Al-Qur’an
Sebagaimana dimaklumi bahwa al-Qur’an adalah landasan utama setiap aktivitas umat Islam, aturannya mencakup semua aspek hidup dan kehidupan dan bersifat universal. Demikian juga terhadap permasalahan pendidikan, banyak ayat-ayat al-Qur’an yang berindikasi kepadanya, diantaranya adalah Surat Luqman ayat 13-14:
وإذ قال لقمان لابنه وهو يعظه يابني لا تشرك بالله إن الشرك لظلم عظيم . ووصينا الإنسان بوالديه حملته أمه وهنا على وهن وفصاله في عامين أن اشكر لي ولوالديك إلي المصير (القمان: 13-14)

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu (Q.S. Luqman: 13-14)

Tujuan atau orientasi pendidikan Islam adalah pemahaman dan internalisasi nilai sesuai dengan firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 187:
وإذ أخذ الله ميثاق الذين أوتوا الكتاب لتبيننه للناس ولا تكتمونه فنبذوه وراء ظهورهم واشتروا به ثمنا قليلا فبئس ما يشترون (ال عمران: 187)
Artinya: Dan (ingatlah), ketika Allah mengambil janji dari orang-orang yang telah diberi kitab (yaitu): "Hendaklah kamu menerangkan isi kitab itu kepada manusia, dan jangan kamu menyembunyikannya." Lalu mereka melemparkan janji itu ke belakang punggung mereka dan mereka menukarnya dengan harga yang sedikit. Amatlah buruk tukaran yang mereka terima. (Q.S. Ali Imran: 187)

Selain itu, juga salah satu tujuan lain dari pendidikan adalah menjaga diri dan segenap anggota keluarga dari siksa Allah, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat At-Tahrim ayat 6:
ياأيها الذين ءامنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة عليها ملائكة غلاظ شداد لا يعصون الله ما أمرهم ويفعلون ما يؤمرون)التحريم: 6)

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (Q.S. At-Tahrim: 6)

Berdasarkan ayat tersebut, kiranya dapat diambil kesimpulan bahwa setiap orang wajib memelihara diri dan keluarganya ke jalan yang benar supaya semua anggota keluarga terhindar dari api neraka. Oleh sebab itu, pendidikan dari sebuah keluarga itu merupakan suatu yang sangat urgen dan mutlak diperlukan sehingga syari’at Islam terinternalisasi dalam keluarga. Dengan demikian keluarga Islami yang terdiri dari pribadi-pribadi yang Islami dapat terwujud.
Sumber ayat lain yang dapat dijadikan rujukan diantaranya dapat dilihat: Q.s. al-Nahl:78, yang mengandung pengertian proses belajar itu dimulai sejak lahir, dimana Allah menganugerahkan kepada setiap anak yang baru lahir dengan pendengaran, penglihatan dan hati. Kesemuanya ini memungkinkan anak (manusia) untuk memperoleh ilmu pengetahuan melalui belajar. Al-Qur’an surat al-Mu’min: 67 dan al-Hajj: 5, yang selanjutnya sejalan dengan isi kandungan dalam Q.s. al-Nahl: 78.
Landasan naqli (nash) al-Qur’an tersebut barulah sebagian kecil indikasi dan sinyalemen tentang urgensitas sebuah pendidikan dalam keluarga. Nukilan tersebut hanya sebagai dalil dan bukti konkrit bahwa al-Qur’an dengan jelas membicarakan masalah tersebut.
2. Landasan al-Hadits
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم طلب العلم فريضة على كل مسلم و مسلمة (رواه إبن ماجه)

Artinya: Dari Anas bin Malik Ra. Berkata, Rasulullah Saw. Bersabda “Menuntut ilmu itu adalah fardlu atas setiap muslimim dan muslimat” (H.r. Ibn Majah).[2]
Sesuai dengan hadits di atas bahwa menuntut ilmu pengetahuan merupakan kewajiban bagi kaum Muslimin dan muslimat secara kontinuitas, sebagai amanah Allah yang telah diwajibkan kepada mereka. Kewajiban belajar tersebut berimplikasi pada adanya suatu lembaga yang dapat mengimplementasikan perintah tersebut. Maka kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan formula di rumah tangga di-taklif-kan atas orang tua sebagaimana sabda Rasulullah Saw.:
عن أبي هريرة رضى الله عنه قال: قال النبي صلى الله عليه وسلم كل مولود يولد على الفطرة فأبواه يهودانه أوينصرانه أو يمجسانه (رواه البخارى) [3]
Artinya: “Dari Abu Hurairah (ra) Rasulullah SAW bersabda: “tidak seorang anak pun yang baru lahir kecuali dia bersih, maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani dan Majusi.”(HR.Bukhari).
Hadits tersebut di atas menunjukkan orang tua mempunyai peranan penting dalam mendidik anak dan keluarga, sebab kedua orang tuanya yang akan mewarnai anaknya dengan Yahudi, Nasrani maupun Majusi. Dominasi peran orang tua dalam pendidikan anak merupakan kenyataan yang tidak dapat dipungkiri, maka konsekwensinya adalah anak sebagai hamba lemah selalu membutuhkan orang dewasa untuk mendidik dan membimbingnya ke arah kedewasaan dan intelektualitas. Dengan bahasa lain lingkungan keluarga mendominasi perubahan prinsip, sikap dan sifat anak, maka jika lingkungan keluarga baik otomatis potensi kebaikan yang ada pada diri anak akan terus berkembang demikian juga sebaliknya.
Kewajiban belajar juga dapat dipahami melalui penelaahan hadits sebagai berikut:
عن ابن عمر رضىالله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ...الرجل راع فى أهله ومسؤول عن رعيته والمرأة راعية فى بيت زوجها ومسؤولة عن رعيتها (رواه البخارى و مسلم)

Artinya: Ibnu Umar r.a berkata, Rasulullah Saw Bersabda, ...suami adalah pemimpin bagi keluarganya dan dia akan bertanggungjawab terhadap mereka. seorang isteri adalah pemimpin rumah tangga, suami dan anak-anaknya, dia akan bertanggungjawab terhadap mereka (HR. Bukhari, Muslim)[4]
Dari hadits di atas, dapat dipahami bahwa pembelajaran harus diberdayakan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh kedua orang tuanya. Taklif yang dipikulkan kepada laki-laki (ayah) dan perempuan (ibu) berupa tanggung jawab atas keselamatan diri, anak, harta dan segala sesuatu yang menjadi miliknya atau yang diamanahkan kepadanya. Tanggung jawab tersebut juga meliputi kesehatan, kesejahteraan fisik, mental moral serta kebahagiaan yang bersifat ukhrawi.[5]
Mencermati ayat-ayat maupun hadits di atas, dapat diketahui bahwa konsep belajar sejak dari rumah tangga dalam perspektif Islam telah dicanangkan bersamaan dengan tugas Nabi Muhammad sebagai Rasulullah. Melihat kenyataan ini konsep belajar sepanjang hayat versi Barat (UNESCO) baru terfikirkan sejak tahun 1970 yang disebut sebagai Tahun Pendidikan Internasional, yang bersumber dari gagasan Paul Lengrand dan Laporan Faure 1972. Pada dekade 1980-an muncul gagasan lebih baru lagi dari life long education, menjadi no limits to study, belajar tanpa batas.[6] Latar belakang yang mendorong konsep ini adalah perubahan konseptualisasi sekolah yang tidak lagi dipandang sebagai satu-satunya tempat atau masa untuk belajar, tetapi sekolah adalah salah satu mata rantai dari konsep belajar sepanjang hayat tersebut.
Sedangkan dalam operasional aplikasi dalam tataran Negara Indonesia pendidikan sejak usia dini dalam lingkungan tri pusat pendidikan (rumah tangga, sekolah dan masyarakat) adalah sebagai mana disebutkan dalam TAP MPR No. IV/MPR/1973 jo TAP MPR No. IV/MPR/1978, tentang GBHN dalam Bab IV Bagian Pendidikan ditetapkan: Pendidikan berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat.[7]
Secara singkat dapat disimpulkan bahwa baik secara normatif religius maupun operasional pendidikan agama dalam rumah tangga, sekolah dan masyarakat mendapat jaminan dan kekuatan hukum positif manusiawi serta agama ilahiyah. Karenanya tiada alasan bagi orang tua untuk tidak melaksanakannya bahkan pendidikan itu merupakan kewajiban dan kebutuhan.

B. Sistem Pendidikan dan Tujuannya
Sistem nilai atau moral yang dijadikan kerangka acuan yang menjadi rujukan cara berprilaku lahirian dan rohaniah manusia muslim adalah nilai dan moralitas yang dijarkan oleh agama Islam sebagai wahyu Allah, yang diturunkan kepada utusann-Nya Muhammad Saw. Nilai dan moralitas Islami adalah bersifat integral tidak terpecah-pecah menjadi bagian-bagian yang satu sama lainnya berdiri sendiri. Suatu kebulatan nilai dan moralitas itu mengandung aspek normatif (kaidah, pedoman) dan operatif (menjadi landasan amal perbuatan).
Pendidikan Islam sebagai disiplin ilmu dapat dianalisis dari segi sistemik atau pendekatan sistem. Dari segi ini pendidikan Islam dipandang sebagai rposes melalui sistem yang terdiri dari sub-sub sistem atau komponen-komponen yang berkaitan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Islam.[8] Konsep dan pemikiran tersebut terinspirasi dari fenomena gerakan yang sistematik seperti yang terdapat dalam mekanisme benda-benda samawi secara makrokosmik dan dalam tubuh manusia sendiri secara mikrokosmik.
Orientasi pendidikan Islam adalah kebutuhan umat manusia yang mendambakan kemajuan yang mensejahterakan hidupnya masa kini dan masa depan sampai hidup di alam akhirat. Watak ilmu pendidikan Islam adalah sistematis dan konsisten menuju arah tujuan yang hendak dicapai. Untuk itu maka pendidikan Islam membutuhkan pemikiran sistematik dan mengarahkan prosesnya dalam sistem-sistem yang aspiratif terhadap kebutuhan umatnya. Bila tidak demikian maka, akan timbul gangguan dan hambatan teknis operasional yang dapat menghilangkan orientasinya yang benar.
Pendidikan berfungsi untuk menumbuh kembangkan potensi subjek didik ke arah yang positif, meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Dalam proses pendidikan dewasa ini terlihat adanya ketimpangan antara pendidikan nilai dengan pendidikan keilmuan dan ketrampilan. Akibatnya muncul beberapa fenomena sosial yang memprihatinkan, prilaku menyimpang, tidak sesuai dengan nilai-nilai keagamaan dan tidak sesuai dengan norma-norma sebagai warga negara yang baik.
Gejala tersebut menunjukkan kegagalan pendidikan nilai keagamaan. Memang sebagaimana diungkapkan oleh M.I. Soelaeman bahwa kebijakan mengenai pendidikan religi hanya diberikan “pendidikan tentang religi” dan tidak “pendidikan religi” ataupun pendidikan ke arah kehidupan religius. Religi ditempatkan di luar pribadi manusia, tidak terjamah oleh pribadinya, tidak dipersonisasikannya dan tidak direalisasikan dalam prilaku keseharian melainkan sekedar menjadi hiasan intelektual belaka.[9]
Pandangan “objective oriented” (berorientasi pada tujuan) mengajarkan bahwa tugas guru yang sesungguhnya bukanlah mengajarkan ilmu atau kecakapan tertentu pada anak didiknya saja, akan tetapi juga merealisir atau mencapai tujuan pendidikan. Ultimate goals (sasaran utama) pendidikan merupakan sentral dalam proses pendidikan, karena tanpa tujuan yang jelas proses pendidikan akan berjalan tidak efektif dan tidak efisien, kepentingan ini dapat dipelajari dari firman Allah SWT.

فايـن تــذهبـــون ) التكوير: 26)
Artinya: Maka kemanakah kalian akan pergi? (Q.S. al-Takwir: 26).
Firman Allah ini pada prinsipnya ditujukan kepada orang-orang kafir yang tidak insyaf akan tujuan hidupnya. Begitulah urgensitas tujuan dari sesuatu, bila tidak jelas sasaran dari apa yang dimaksud, maka akan sesat di tengah jalan.
Istilah “tujuan” atau “sasaran” atau “maksud”, dalam bahasa Arab dinyatakan dengan ghayah atau ahdaf atau maqasid. Sedangkan dalam bahasa Inggris, istilah “tujuan” dinyatakan dengan “goal atau purpose atau objective atau aim”.[10] Secara umum istilah-istilah itu mengandung pengertian yang sama, yaitu perbuatan yang diarahkan kepada suatu tujuan tertentu, atau arah, maksud yang hendak dicapai melalui upaya atau aktifitas.
Tujuan itu sendiri, menurut Zakiah Daradjat,[11] adalah sesuatu yang diharapkan tercapai setelah suatu usaha atau kegiatan selesai. Sedangkan menurut H.M. Arifin, [12] tujuan itu bisa jadi menunjukkan kepada futuritas (masa depan) yang terletak suatu jarak tertentu yang tidak dapat dicapai kecuali dengan usaha melalui proses tertentu. Perumusan tujuan pembelajaran berfungsi sebagai pengarah kegiatan dan sebagai tolak ukur efektivitas pencapaian hasil kegiatan tersebut, bahwa dengan adanya kejelasan rumusan tujuan maka dapat diketahui telah sejauhmana tingkat perubahan tingkah laku, sebagaimana dirumuskan dalam tujuan pembelajaran. Meskipun terjadi variasi tentang pengertian tujuan, akan tetapi pada umumnya pengertian itu berpusat pada usaha atau perbuatan yang dilaksanakan untuk suatu maksud tertentu.
Hery Noer Aly misalnya menuliskan tujuan pendidikan adalah mengakhiri usaha pendidikan. Apabila tujuannya telah tercapai, maka berakhir pula usaha tersebut.[13] Dengan demikian usaha membimbing yang terhenti sebelum sampai ke tujuan, termasuk usaha yang gagal, yang antara lain dapat disebabkan oleh tidak jelasnya rumusan tujuan pendidikan. Maka karena itu perlu rumusan tujuan pendidikan.
Bentuk dan isi rumusan atau formulasi tujuan pendidikan bagi setiap bangsa berbeda. Perbedaan itu disesuaikan dengan sistem nilai yang terkandung dalam aspek-aspek kehidupan suatu bangsa dalam kurun waktu tertentu.[14] Walaupun demikian, minimal terdapat tiga persamaan dari setiap tujuan pendidikan, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan memperbaiki atau bahkan mengubah sikap peserta didik.[15]
Keragaman rumusan tersebut merupakan hal yang kondisional dan situasional, namun kejelasan sebuah tujuan mutlak diperlukan hal ini dijelaskan oleh Robert Mager “jika tujuan pendidikan tidak dibatasi dengan jelas maka ketetapan dan program mustahil berjalan dengan efektif, di samping itu kita tidak memiliki dasar yang kuat untuk menyusun materi pelajaran, cakupan dan metode pengajaran yang cocok”.[16]
Namun dalam perumusan tujuan pembelajaran juga perlu memperhatikan potensi sumberdaya yang ada baik sumber daya manusianya maupun ketersediaan sarana dan prasarananya. Penggunaan sarana yang tidak tepat, kesulitan bahkan, kekeliruan, kegagalan disebabkan ketidak jelasan tujuan pendidikan.[17] Secara lebih rinci, manfaat pembatasan tujuan adalah:
Mengembangkan arah perencanaan proses pendidikan yang baik dan bermutu yang akan membangkitkan kesungguhan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Menyusun kekuatan antara berbagai instansi dan pihak terkait yang ikut berperan dalam membangun manusia, yang terpenting di antaranya adalah rumah, sekolah, media informasi serta lembaga budaya, olah raga dan seni.
Membatasi materi dan cakupan pengajaran, sarana dan metode yang cocok serta segala kegiatan latihan dan praktek lapangan.
Memperbaiki komunikasi bagian-bagian administrasi, transparansi dan membangunnya di antara para guru dengan administrasi sekolah di satu sisi dan dengan administrasi pengajaran di sisi lain.[18]
Mengevaluasi, memperbaiki dan mengembangkan metode, evaluasi tidak akan sempurna kecuali dengan adanya tujuan pendidikan yang ingin dicapai, dengannya dimungkinkan menentukan kekurangan dan kelebihan serta mana yang harus diatasi, diperbaiki dan dikembangkan.[19]
Mengevaluasi kemampuan siswa dalam melakukan aktivitas dan kegiatan yang disukainya sebagai proses pembelajaran. Karena test merupakan stasiun utama jalur belajar. Test yang diberikan adalah sebagai umpan balik (feed beck) bagi guru, siswa dan orang tua tentang keberhasilan mereka dalam mewujudkan tujuan pembelajaran dari cakupan yang diberikan[20] yang selanjutnya mewujudkan tujuan pendidikan yang saling terkait.
Tujuan pendidikan membantu guru dan siswa menyusun waktu dan jadwal kegiatan sesuai dengan tujuan tersebut serta tatacara mencapainya.
Berdasarkan uraian di atas nyatalah pentingnya pembatasan tujuan pendidikan, baik tujuan umum maupun tujuan khusus pada setiap strata dan jenis pendidikan bahkan setiap materinya, sebagaimana pentingnya menjaga keselarasan dan susunan serta saling isi antara tujuan umum dan pembentukan dasar dari falsafah sosial dan pengertiannya serta tujuan khusus tiap tingkat pendidikan dan materi pelajaran.
Menurut Iman Ghazali, tujuan pendidikan yaitu membentuk insan pari purna, baik di dunia maupun di akhirat.[21] Lebih lanjut dikatakan bahwa manusia dapat mencapai kesempurnaan apabila berusaha mencari ilmu dan selanjutnya mengamalkan fadilah melalui ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Fadhilah ini selanjutnya dapat membawanya dekat kepada Allah dan akhirnya membahagia-kannya hidup di dunia dan di akhirat.
Berdasarkan paparan tersebut maka, pendidikan Islam merupakan suatu proses yang dilakukan secara terpogram dan sistematis. Dengan demikian manajemen terhadap unsur-unsur atau komponen-komponen pendidikan harus berjalan sinergis mencapai tujuan yang telah dirumuskan. Secara konseptual tujuan sebuah pendidikan sangat dipengaruhi oleh idiologi dan falsafah lembaga. Namun demikian esensinya harus menumbuh kembangkan dan memperkuat iman serta mendorong kepada kesadaran beragama dengan mengamalkan ajarannya. Secara umum dan ringkas dapat dikatakan bahwa tujuan Pendidikan Agama Islam itu harus mengandung berbagai aspek pembinaan manusia seutuhnya, sehingga nantinya ia dapat hidup dengan baik sebagai manusia Pancasilais yang bertaqwa kepada Allah menurut ajaran Islam.

C. Tripusat Pendidikan dalam Pembelajaran Islam
Lingkungan pendidikan agama Islam sebagai salah satu sistim yang memungkinkan proses kependidikan Islam berlangsung secara konsisten dan berkesinambungan dalam rangka mencapai tujuannya yang disebut juga suatu institusi atau kelembagaan pendidikan Islam.
Dari pernyataan ini dapat dipahami bahwa lingkungan pendidikan Islam adalah suatu institusi atau lembaga dimana pendidikan itu berlangsung atau disebut juga dengan lingkungan Tarbiyah Islamiah yaitu suatu lingkungan yang di dalamnya terdapat cirri-ciri keislaman yang memungkinkan terselenggaranya pendidikan Islam dengan baik.37

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, bahwa lingkungan atau tempat berguna untuk menunjang suatu kegiatan, termasuk kegiatan pendidikan, karena tidak satupun kegiatan yang tidak memerlukan tempat dimana kegiatan itu diadakan. Sebagai lingkungan tarbiyah Islamiyyah, ia mempunyai fungsi untuk menunjang terjadinya proses kegiatan pembelajaran secara aman, tertib dan berkelanjutan.
Adapun lingkungan pendidikan agama Islam (tarbiyah islamiyyah) adalah:
1) Rumah tangga
Islam mengajarkan bahwa pendidikan di dalam keluarga adalah pendidikan pertama dan utama, yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik yaitu kedua orang tuanya. Islam memerintahkan kedua orang tua untuk mendidik diri dan keluarganya, terutama anak-anaknya agar terhindar dari azab yang pedih.38

Rumah tangga merupakan lingkungan pendidikan pertama bagi anak, karena di rumah tangga anak-anak menerima pendidikan pertama kali, pendidikan di rumah tangga merupakan fundamen untuk menerima pendidikan selanjutnya. Rumah tangga adalah kelompok sosial yang biasanya berpusat pada suatu keluarga kecil ditambah dengan beberapa anggota lainnya yang tinggal dan hidup bersama dalam satu rumah, sehingga merupakan satu kesatuan yang utuh.
Pendidikan di rumah tangga adalah segala usaha yang dilaksankan oleh orang tua bersama anggota lainnya terhadap anak-anak sesuai dengan ajaran agama. Orang tua harus bertanggung jawab terhadap pendidikan anak, terutama sekali pendidikan agama maka keluarga diharapkan dapat memainkan peranannya, dalam membina masa depan putra putrinya secara berkualitas dan berdaya guna.
Begitu pentingnya peranan yang harus dimainkan oleh keluarga dalam mendidik anak karena anak-anak dipandang sebagai fitrah dalam keluarganya, maka keluarga bagi tiap-tiap orang adalah alam pendidikan yang permulaan. Pendidikan yang pertama kalinya dari orang tua yang berkedudukan sebagai guru atau (penuntun), sebagai pengajar dan sebagai pemimpin pekerjaan atau pemberi contoh.39

Oleh sebab itu keluarga sangat berperan aktif dalam pembinaannya terhadap anak, yang tiada terlepas dari kewajiban dan fungsi-fungsinya dalam mendidik anak-anaknya, mengenai kewajiban dan fungsi orang tua dapat kita lihat dalam firman Allah SWT.
يَاَيٌُهَااْلٌَذِيْنَ امَنُوْاقُوْاَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارَا .... (التحريم : 6)

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dari keluarga dari api neraka….”(Q.S At-Tahrim: 6)
Berdasarkan ayat di atas jelaslah bahwa orang tua mempunyai tanggung jawab yang sangat berat terhadap keselamatan keluarga pada ummnya dan pendidikan anak pada khususnya, wujud keluarga sebagai lingkungan pendidikan yang pertama, karena di sinilah anak-anak dilahirkan dan dididik, orang tualah sebagai guru atau pendidik pertama bagi anak mereka.
Pada umumnya pengetahuan seseorang diteruskan oleh pendidikan, pengalaman dan latihan-latihan yang dilalui pada masa kecil dulu, seseorang yang pada masa kecilnya pernah mendapatkan didikan agama maka pada dewasanya nanti akan mendapatkan didikan agama pula dan pada dewasanya nanti ia akan merasakan pentingnya agama dalam hidupnya.
Bertambah banyak pengalaman yang bersifat keagamaan (sesuai hidupnya dengan ajaran agama) maka semakin banyak unsur agama dalam pribadi anak, apabila dalam pribadinya banyak unsur agama, maka setiap tindakannya dalam menghadapi hidup akan sesuai dengan ajaran agama. Apabila orang tua dapat mendidik anaknya sesuai dengan apa yang telah diperintahkan Allah SWT, maka sekaligus dia telah melaksanakan kejujuran.
Oleh karena itu pembentukan kehidupan beragama terjadi melalui pengalaman yang diterimanya sejak kecil, semua pengalaman yang dialami si anak, merupakan unsur terpenting dalam pembentukan kepribadiannya, sikap si anak terhadap agama dibentuk pertama kali di rumah tangga melalui pengalaman yang didapatnya dari orang tua.
Dalam pelaksanaan pendidikan agama di rumah tangga, selain bapak maka ibu juga berfungsi untuk memelihara dan mendidik anak-anak sejak bayi dalam kandungan sampai dewasa. Oleh karena itu harus mengambil peranan dan bahagia yang utama karena dengan pendidikan dari ibu anak-anak akan memperoleh kepribadian yang baik.
Oleh karena itu pengaruh orang tua sangat besar sekali dalam membina pribadi anak, karena orang tua adalah pembina pribadi yang pertama dalam kehidupan anak, kepribadian orang tua, sikap dan cara hidup mereka merupakan unsur-unsur pendidikan yang berlangsung dapat diterima ke dalam pribadi anak yang sedang tumbuh.41

Kewajiban ini dipikulkan atas pundak ibu bapak sejak lahir sampai dewasa, oleh karena itu apabila sianak dibiasakan untuk mengamalkan apa-apa yang baik dan diberikan pendidikan yang baik itu pastilah ia akan tumbuh di atas kebaikan, sebaliknya jikalau anak itu sejak kecil telah dibiasakan mengerjakan keburukan dan dibiarkan begitu saja tanpa dihiraukan, maka akibatnya anak itupun akan terjerumus ke perbuatan yang buruk sedang dosanya yang utama tentulah dipikulkan kepada orang yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mendidiknya yaitu kedua orang tua.
Apabila orang tua memberikan pendidikan yang baik, anak-anak tersebut akan selamat, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Demikian juga halnya bila orang tua telah menanamkan pondasi keagamaan yang kuat dalam rumah tangga maka anak-anak akan dapat berkiprah baik di luar rumah tangga serta siap untuk menerima ilmu lanjutan di sekolah.
2) Sekolah
Di atas telah penulis jelaskan bahwa rumah tangga merupakan lingkungan pendidikan agama yang pertama bagi perkembangan anak, maka lingkungan yang kedua adalah sekolah. Sekolah adalah lingkungan kedua anak-anak berlatih dan menumbuhkan kepribadiannya, sekolah bukanlah sekedar untuk menuangkan ilmu pengetahuan ke otak murid, tetapi sekolah juga harus dapat mendidik dan membina kepribadian anak di samping memberikan pengetahuan kepadanya.
Dalam memberikan pendidikan agama di sekolah pada anak, bukan hanya tanggung jawab guru agama saja, akan tetapi termasuk tanggung jawab semua staf pengajar baik guru umum maupun guru agama, setiap guru harus berjiwa agama menjunjung tinggi ajaran agama walaupun ia tidak mendalaminya, namun kepribadian, akhlak dan sikapnya tidaklah mendorong anak didik untuk mencintai agama dan hidup sesuai dengan ajaran agama.42

Pendidikan agama yang diberikan di sekolah bukan hanya memberikan tentang materinya saja di muka kelas, pembinaanya harus diperhatikan juga semua faktor yang menyangkut dengan pendidikan itu seperti kepribadian pendidikan, tempat pendidikan, hubungan guru dengan orang tua dan masyarakat di sekitar, semua itu sangat mempengaruhi untuk mencapai tujuan. Bila hal itu dapat dilaksanakan, sulitlah anak didik terjerumus ke dalam sesuatu kejahatan.
Guru di waktu memberikan pelajaran juga tidak terlepas sama sekali dari suasana keagamaan dari akhlak, misalnya membiasakan memberi salam ketika masuk ke dalam lokal, membaca bismillah di waktu memulai pelajaran, demikian juga di saat memberikan pelajaran jangan lupa menjelaskan hubungan dengan kekuasaan Allah swr. Sehingga ajaran agama dapat terbina ke dalam jiwa anak-anak berdasarkan keyakinan.
Demikian juga tempat pendidikan, alat-alat yang dibutuhkan seperti hiasan dan lain-lain jangan terlepas sama sekali dari ajaran agama, misalnya di pintu masuk lokal ditulis dengan Assalamualaikum dan hiasan-hiasan dinding lainnya dengan kalimat-kalimat yang mengagungkan kebesaran Allah SWT, sehingga kapan dan dimana saja anak- anak selalu berada dalam suasana keagamaan.
Begitu juga di setiap sekolah disediakan sebuah mushalla, untuk melatih dan membimbing anak-anak melaksanakan shalat, dalam pelaksanaan praktek ini sebaiknya guru harus turut aktif membimbing anak-anak, sehingga dengan latihan-latihan yang diterimanya baik secara teoritis maupun praktis, akan tertarik untuk dilaksanakan di setiap waktu dengan penuh keimanan.

3) Masyarakat
Masyarakat merupakan lingkungan pendidikan yang ketiga setelah rumah dan sekolah karena di sini anak-anak dapat meniru dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari secara langsung apa yang ditemuinya. Masyarakat dalam hidupnya sehari-hari harus mempunyai sikap toleransi satu sama lain, dan saling tolong menolong dalam mengerjakan sesuatu yang tidak dapat dikerjakan seorang diri dan juga saling menghargai sesama masyarakat.
Pengembangan sifat-sifat kerja sama, gotong royong dan percaya mempercayai sesama anggota masyarakat haruslah digalakkan agar menjadi contoh teladan bagi generasi penerus. Pada umumnya pendidikan agama Islam dalam masyarakat adalah melalui ceramah-ceramah agama di mesjid-mesjid, langgar dan tempat-tempat pertemuan lainnya.
Dalam hal ini pemimpin masyarakat harus mengerti, memahami serta melaksanakan ajaran agama Islam menurut semestinya, sehingga menjadi contoh teladan bagi anggotanya dalam berbakti kepada Allah SWT. Sejalan dengan pendapat di atas, Zakiah Daradjat mengemukakan bahwa “betapa pentingnya menanamkan pendidikan terhadap anak dimulai dari rumah tangga dilanjutkan di sekolah dan masyarakat serta mengupayakan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan agama”.
Mengusahakan supaya masyarakat, termasuk pemimpin dan penguasanya, menyadari betapa penting masalah pendidikan anak-anak terutama pendidikan agama, karena pendidikan moral tanpa agama, akan kurang berarti sebab nilai-nilai moral yang lengkap dan betul-betul dapat dilaksanakan adalah melalui pendidikan agama.43

Oleh karena itu pendidikan agama perlu diintensifkan, baik untuk anak-anak maupun orang tua karena keyakinan beragama yang didasarkan atas pengertian dan pengamalan yang sungguh-sungguh akan dapat terjadinya tindakan-tindakan yang tidak bertentangan dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam bimbingan dan penyuluhan yang akan menolong mereka menuju kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat kelak.
Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan bahwa lingkungan pendidikan ada tiga, antara lain lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Lingkungan keluarga adalah sebagai peletak pilar nilai-nilai ketauhidan dan dasar akhlak Islami. Selanjutnya pengembangan dan penanaman nilai sosial serta berbagai disiplin ilmu lainnya diperoleh dan tumbuh kembangkan di lingkungan sekolah. Sedangkan dalam lingkungan masyarakat adalah sebagai wahana aplikasi interkasi dan implementasi berbagai ilmu yang diperoleh, sekaligus sebagai cermin hasil pembelajaran yang tersirat dalam aktualisasi diri.

D. Peranan Tripusat Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai
Proses pendidikan Islam memiliki tugas pokok untuk membentuk kepribadian Islam dalam diri manusia selaku makhluk individual dan sosial. Untuk tujuan ini, proses pendidikan Islam memerlukan sistem pendekatan yang secara strategis dapat dipertanggung jawabkan dari segi pedagogis. Dalam hubungan inilah, pendidikan Islam memerlukan berbagai ilmu pengetahuan yang relevan dengan tugasnya termasuk sistem pendekatannya.
Tujuan pendidikan yang dianut bangsa Indonesia berlandaskan kepada falsafah hidup bangsa yaitu Pancasila. Ini menjadi pedoman pokok dalam pendidikan yang dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan pendidikan baik dalam keluarga, masyarakat maupun di sekolah-sekolah. Jalannya proses itu baru bersifat konsisten dan konstan (tetap) bilamana dilandasi dengan dasar pendidikan agama yaitu Al-Qur’an dan hadist serta ijma’ ulama, yang mampu menjamin terwujudnya tujuan pendidikan sebagaimana yang telah digariskan.
Tujuan mempelajari pendidikan Islam secara lebih luas dipaparkan oleh K. Sukarji, sebagai berikut :
Tujuan pendidikan Islam untuk mendidik anak-anak supaya menjadi seorang mukmin dan muslim sejati beramal saleh dan berakhlak karimah. Sehingga ia dapat menjadi salah seorang anggota masyarakat yang sanggup hidup dengan kemampuannya, mengabdi kepada Allah dan berbakti kepada bangsa dan tanah air serta berbuat baik sesama umat manusia.[22]

Dalam menetapkan tujuan pendidikan Islam dapat mempertimbangkan posisi manusia sebagai ciptaan Allah SWT, yang sangat sempurna, karena sebagai khalifah di muka bumi. Hal ini sesuai dengan firman Allah surat Al-Baqarah ayat 30, sebagaimana yang telah disebutkan di atas.
Isi ajaran Islam mengandung peraturan-peraturan yang kongkrit, yang memiliki fleksibelitas/ elastisitas maka akan selalu sesuai dengan kondisi dan kebutuhan zaman. Terbentuknya kepribadian muslim atau terwujudnya masyarakat yang baik merupakan tujuan dan tugas dari pada pendidik agama yang bersumber pada Al-Qur’an dan hadits. Namun sebelum belajar secara formal di sekolah, anak-anak terlebih dahulu telah ditanamkan pada dirinya beberapa sikap dasar dari lingkungan keluarganya, maka antara internalisasi nilai di sekolah harus terjadi singkronisasi dengan keluarga dan masyarakat dimana anak-anak menjalani hidup.
Dengan demikian tujuan pendidikan Islam, di dalamnya terkandung nilai-nilai pandangan Islam. Hal ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh M. Arifin bahwa :
Tujuan pendidikan Islam atau tujuan-tujuan pendidikan lainnya, mengandung di dalamnya suatu nilai-nilai tertentu sesuai pandangan masing-masing yang harus direalisasikan melalui proses yang terarah dan konsisten dengan menggunakan berbagai sarana fisik dan non fisik yang sama sebangun dengan nilai-nilanya.[23]

Berdasarkan kutipan tersebut dapat disebutkan bahwa tujuan pendidikan agama, diantaranya adalah penentuan akhlak mulia, mencapai kehidupan dunia dan akhirat serta menumbuhkan jiwa ilmiah yang bernafaskan Islam. Dengan demikian pendidikan agama adalah proses untuk penumbuh kembangan kepribadian muslim pada manusia. Kepribadian tersebut yaitu segala tindakan dan aktivitas yang dilakukan manusia setelah mengalami proses pendidikan agama, sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Lebih spesifik lagi, Zakiah Daradjat mengemukakan tujuan pendidikan agama dalam lingkungann keluarga adalah “membentuk insan kamil dengan pola taqwa yaitu manusia yang utuh rohani dan jasmani, dapat hidup dan berkembang secara wajar dan normal karena taqwanya kepada Allah SWT”.[24] Sedangkan dalam perspektif Oemar Muhammad At-Toumy al-Syaibani adalah bertujuan sebagai “persiapan untuk kehidupan dunia dan akhirat”.[25]
Melihat urgensitas pendidikan agama bagi para generasi penerus, maka pendidikan sejak dini yang dimulai dari lingkungan keluarga adalah suatu keharusan. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh Nashih Ulwah bahwa “di dalam keluarga anak pertama-tama menerima pendidikan, dan pendidikan yang diperoleh dalam lingkungan keluarga ini merupakan penting atau utama terhadap perkembangan pribadi anak.”[26]Berdasarkan kutipan dan diskripsi tersebut kiranya dapat ditarik kesimpulan bahwa anak adalah anugerah sekaligus amanah yang harus disyukuri dan diemban amanahnya. Diantara konsekwensinya adalah membina, mendidik, membimbingnya hingga pada taraf kesempurnaan antara jasmani dan rohaninya, membawa dan mengarahkan anak untuk menjadi ‘abid (hamba) dan khalifah Allah di muka bumi ini. Maka untuk mensukseskan kedua tugas tersebut harus dibekali ilmu dan iman yang harus dimulai dari rumah tangga.
[1]H.H. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Cet. IV, (Jakarta: Bumi Aksara, 1994), hal. 139.
[2]Aba ‘Abd’l-Lah Muhammad bin Yazid al-Qazwayni, Sunan Ibn Majah, Juz I, (Beirut: Dar al-Fikr, 1995), hal. 87.
[3] Imam Bukhari, Shahih Bukhari, Juz II, (Bandung: Dahlan, tt), hal. 458.
[4]Ibid, hal. 452.
[5]Lihat Baihaqi AK, Pendidikan Agama dalam Keluarga, Cet. I, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996), hal. 26
[6]Baihaqi, Mendidik Anak dalam Kandungan Menurut Ajaran Islam, (Jakarta: Darul Ulum Press, 2001), hal. 53.
[7]Tim Dosen FIK-IKIP Malang, Pengantar Dasar-Dasar Kependidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1988), hal. 126.
[8]H.M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teroritis dan Praktis Bersadarkan Pendekatan Indisipliner, Cet. IV, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996), hal. 116.
[9]M.I. Soelaeman, Suatu Telaah Tentang Manusia, Religi Pendidikan, (Jakarta: Depdikbud. Dirjen. Dikti., PPLTK, 1998), hal. 100.
[10]M. Arifin, Ilmu ..., hal. 222. Lihat juga, Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, cet. III, (Jakarta: Kalam Mulia, 2002), hal. 65.
[11]Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992), hal. 29.
[12]M. Arifin, Ilmu…, hal. 223.
[13]Hery Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wicaksana Ilmu, 1999), hal. 53.
[14]Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994), hal. 39.
[15]Endang Soenarya, Pengantar: Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem, cet. I, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000), hal. 2-3.
[16]Robert F. Mager, Preparing Instructional Objectives, (Belmont, California: Feamon Publisher, 1962), hal. 3
[17]Muhammad Hadi ‘Afifi, al-Tarbiyah wa al-Taghayyur al-Tssaqafiy, (Cairo: Anjalu Misriyyah), hal. 67.
[18]J. Jr. Lewis, Appraising Teachers Performance, (West Nyache, N.Y.: Parker Publishing Co., 1973), hal. 104.
[19]Damrodash Sarhan, al-Manahij al Mu‘asharah, (Kuwait: Maktabah al-Falah, 1977), hal. 95.
[20]Muhammad Ziad Hamdan, Taqyîm al-Ta‘allum; Asasuhu wa al-Tatbiqatuhu, (Dar ‘Ilm li al-Malayin, 1980), hal. 28.
[21]Fathiyah Hasan Sulaiman, Sistem Pendidikan Islam Versi Al-Ghazali, (terj. Fathurrahman May dan Syamsuddin Asyrafi), (Bandung: Al-Ma‘arif, 1986), hal 25.
37 Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997), hal. 111
38Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), hal. 42
39 Abudin Nata, Filsafat ..., hal. 111.
41M Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Di Lingkungan Sekolah dan Keluarga, Cet I, (Jakarta : Bulan Bintang, 1975), hal. 28
42Zakiah Daradjat, Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, Cet IV, (Jakarta: Bulan Bintang, 1977), hal. 2.
43 Zakiah Daradjat, Pembinaan Agama Dalam Pembinaan Mental, Cet III, (Jakarta: Bulan Bintang, 1976), hal. 45.
[22]K. Sukarji, Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Agama, (Jakarta: Indra Jaya, 1970), hal. 21.
[23]M. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), hal. 222.
[24]Zakiah Daradjat, Ilmu ..., hal. 29.
[25]Oemar Muhammad Al-Toumy al-Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979), hal. 86.
[26]Nashih Ulwah, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, (Semarang: Asyifa’, 1990), hal. 2.

Tidak ada komentar: